Minggu, 15 Juni 2008

menuju langsing

Mau Lansing…? Kenapa tidak?!

Wanita berbody indah itu salah satunya karena langsing. Siapa pula orangnya yang tidak menginginkan tubuhnya terlihat langsing?. Berjuta wanita mengidam-idamkan tubuhnya menarik dan bisa ditarik (ya, yang jelas ditarik oleh pasangannya). Setiap orang pastilah menginginkan tubuh sehat, langsing, dan terbebas dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh lemak berlebih, seperti kolesterol dan diabetes. Bahkan orang pada meninggalkan minyak kelapa yang mengandung kolesterol, ibu-ibu lebih memilih minyak yang seperti air dan bisa diminum, demikian pula dengan gula. Kecendrungan masyarakat meninggalkan produk-produk yang dapat membahayakan kesehatan. Inilah salah satu bentuk kepedulian masyarkat akan arti penting kesehatan. Seiring dengan itu tak jarang pula masyarakat pergi ke spa untuk terapi kecantikan, masuk sanggar-sanggar fitnes. Ini artinya mereka ingin memperhatikan kesehatan dan tubuhnya agar tetap menarik dan bebas dari ancaman penyakit. Bukankah kecantikan itu penting, tapi kesehatan jauh lebih penting. Apalagi kota Padang menuju sehat pada tahun 2010. kalau bisa sedini mungkin kenapa harus menunggu sampai bertahun-tahun.

Kecantikan sesuatu hasrat bagi kebanyakan para wanita. Kata kecantikan selalu diidentikkan dengan para kaum hawa. Sehingga tak heran jika ‘hawa’ itu sangat menyukai segala bentuk atau bahkan bahan peralatan, kostum cantik sampai pada peralatan pencantik. Tak pelak, jika seorang wanita membawa sedikitnya alat kecantikan kemana pun pergi. Setidaknya dalam tas berisikan minyak wangi, bedak kecil, cermin dan lengkap dengan make-up, sisir kecil untuk menata rambut. Bahkan untuk menunjang kecantikan itu tak jarang pula para wanita menghukum dirinya dengan mengurangi porsi makan, terutama makanan mengandung kalori dan berlemak. Kenapa? Ya pastilah guyonannya takut gemuk, tambun, atau perut besar (tapi bukan ibu-ibu yang sudah berisi ini lain) mungkin hamil kecil, he…he… hamil disini karena perut besar, karena lemak berlebih.

Dari perspektif kecantikan, wanita dipandang sebagai objek yang paling tepat. Hal ini terbukti dengan iklan kosmetik dan pelbagai jenis merek, tak pelak mereka yang cantik lebih diprioritaskan sebagai bintang iklan, uda-uni sumbar, kontes kencantikan yang diproklamirkan oleh berbagai event yang diusung oleh perusahaan kosmetik, seperti ‘Rumah Cantik Citra’, ‘sunsilk mencari bintang iklan’, sampai pada iklan laching. Bagi wanita kecantikan adalah hal yang dapat dibilang sangat penting. Kalau mereka tak beauty tentulah sangat sedikit yang melirik (ni untuk yang positif, bekerja di perusahaan-perusahaan saja sekarang diutamakan penampilan). Jadi setidaknya kecantikan adalah sebuah cita-cita dari para wanita. Siapa tidak bangga lelaki yang mempunyai istri yang cantik, pacar yang cantik, karyawan yang cantik, kakak yang cantik, anak yang cantik, pokoknya yang cantik-cantik. Semua orang mengimpikan kecantikan terutama masalah besar bagi diri wanita jika tak bisa merawat tubuhnya sehingga tambun dan bahkan gemuk.

Bukankah tuhan telah menganugerahkan kita tubuh yang indah, sehat dan cantik. Kita sebagai manusia yang berbudaya, pelaku dalam peradaban juga tak bisa melepaskan diri dari segala pengaruh periklanan di berbagai media, baik di media massa atau media elektronik. Hal paling konyol dilakukan seorang adalah ketika menelan mentah-mentah apa yang diberikan iklan yang dibaca atau ditonton tersebut tanpa mengenal betul zat-zat dan efek dari sebuah peralatan kosmetik. Tak jarang mereka termakan iklan. Orang yang cerdas adalah mengenali persoalan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan segala macam dampak dari suatu produk. Jadilah pemakai yang pintar dan mengenali zat-zat serta dampak akibat dari sebuah produk yang akan kita konsumsi atau gunakan. Pemakaian produk kecantikan tanpa ilmunya tak jarang berakibat merugikan diri sendiri, tidak cantik yang diperoleh tapi malah justru penyakit yang dibeli. (ini kan tidak lucu kalau menjadi cantik dengan membuat penyakit) kenali zat-zat berbahaya dari suatu produk yang akan dipakai. Ibarat orang berjualan, tidak akan ada penjualnya yang mengatakan kejelekan barangnya, tentulah yang ditonjolkan hanya kelebihan saja. Jadi kitalah selaku konsumen untuk mencerdasinya, sebagai makhluk yang berilmu dan berpikir.

Memelihara karunia tuhan dengan merawatnya adalah suatu tanggung jawab setiap pribadi. Berjuta merek produk yang dijual di pasaran selalu memberikan daya tarik sendiri-sendiri untuk menarik pembeli. Dan masih banyak motif-motif produksi dalam upaya menarik minat beli masyarakat. Mulai dengan memberikan diskon, hadiah, nilai tambah, iming-iming untuk membeli. Inilah salah satu cara para perusahaan dalam melariskan produksinya di tengah masyarakat.

Bagi kita yang bekerja di kantor duduk sehari di depan komputer sambil mengemil dan minum minuman banyak mengandung kalori. Inilah salah satu penyebab tubuh dan perut terlihat buncit dan tambun. Karena kurang berpeluh dan pembakaran kalori. Tidak jarang pula berisiko tinggi untuk menderita jantung dan sejumlah penyakit berbahaya lainnnya. Rubahlah kebiasan ini dengan yang sehat dengan memperhatikan langkah-langkah jitu berikut ini:

1. Mengganti cemilan

Kenapa mengganti cemilan? Jika anda terbiasa mengemil dengan makanan yang berkalori tinggi, seperti kacang, roti atau makanan ringan lainnya, anda berpeluang menjadi buncit. Maka gantilah cemilan anda dengan makanan sehat seperti buah segar dan sayuran hijau segar.

2. Perbanyak minum air putih

Kata dokter, air putih adalah air sehat, tapi jangan lupa minum yang steril dan hindari minuman energi yang berbahaya. Sangat dianjurkan untuk minum lebih kurang dua liter perharinya. Apalagi ruangan kantor anda ber-AC sanagt memungkinkan tubuh anda dehidrasi.

3. Makan teratur

Makan berantakan sangat tidak baik untuk tubuh anda. Teratur berarti terjadwal dengan baik. kegiatan makan teratur bisa mencegah anda terjangkit penyakit tidak disiplin terlebih lagi penyakit maag yang menyerang perut anda.

4. Membatasi porsi makan

Porsi makan harus dikurangi dan perbanyak menyantap buah-buahan dan sayuran segar. Bila anda tipe orang yang biasa makan bertambuh dengan porsi jumbo, kini berupayalah makan dengan secukupnya saja. Berhenti makan sebelum kenyang. Apalagi makan makanan banyak mengandung lemak ini tidak bagus. Bisakan pula mengurangi porsi mulai dari sepertiga sampai setengahnya.

5. Rajin-rajin bergerak

Kebiasaan duduk di kantor dan jarang bergerak-gerak akan membuat pembakaran lemak tidak terlaksana. Sangat berbahaya jika anda biasa duduk seharian di meja kerja tanpa banyak bergerak. Duduk mengetik di depan laptop anda sambil melakukan kerja kantor. Bergerak-gerak adalah satu upaya pembakaran kalori. Apa salahnya anda meninjau karyawan dan menanyainya dengan sekedar bercakap-cakap, atau menata ruangan anda sendiri yang sesuai dengan selera anda.

6. Berolah raga

Olah raga sangat penting untuk kesehatan dan penyegaran tubuh, apalagi olah raga dilakukan secara teratur dan rutinitas. Olah raga yang sangat cocok untuk melangsingkan tubuh anda adalah gerakan-gerakan perut, pinggang dan punggung, sit up, atau tak ada salahnya anda maraton pagi sebelum berangkat kerja, bisa juga dilakukan sekitar pekarangan rumah anda, atau barangkali anda mempunyai peralatan olahraga khusus di rumah itu akan lebih bagus lagi. Anda berangkat kerja dengan tubuh yang segar dan fresh. Selamat mencoba!

***

Zul Afrita, Mahasiswa Fakultas Adab IAIN ‘IB’ Padang, bergelut di FLP.

Tidak ada komentar: